Minggu, 09 November 2014

Perawatan Kuku Kaki Yang Rusak

Perawatan Kuku Kaki Yang Rusak
Perawatan Kuku Kaki Yang Rusak
Kuku kaki akan mudah rusak dibandingkan kuku tangan Anda. Perawatan kuku kaki sering kali Anda lupakan daripada perawatan kuku tangan. Hal ini karena kaki sering tertutup oleh sepatu, kaos kaki sehingga jauh dari pantauan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk perawatan kuku kaki yang rusak.


Konsumsi Makanan Sumber Kalsium


Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium akan mempercepat kesembuhan dan mengembalikan kecantikan kuku kaki Anda. Makanan sumber kalsium contohnya  sayuran hijau, buah-buahan, daging merah, aneka seafood, susu dan olahannya. Dan juga harus memperbanyak minum air putih.


Hindari Pemakaian Alas Kaki Yang Sesak


Sebaiknya hindari untuk pemakaian alas kaki yang kecil atau sesak. Karena hal ini akan membuat kuku kaki yang rusak akan mengalami infeksi jika dipaksa untuk memakainya. Untuk sementara waktu, gunakan alas aki yang terbuka seperti sandal yang akan memberikan ruangan terbuka pada kaki sehingga luka pada kuku tersebut akan cepat mengering.


Rendaman Air Garam


Garam berfungsi untuk mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri. Caranya dengan merendam kaki dalam rendaman air garam hangat setiap hari. Rendaman air garam ini mampu membantu mempercepat keringnya luka pada kuku kaki yang rusak sehingga dapat tumbuh kembali secara maksimal.


Jeruk Nipis


Air jeruk nipis ini merupakan salah satu ramuan efektif dalam merawat kuku kaki yang rusak. Caranya cukup mudah, rendam kaki Anda secara keseluruhan hingga mata kaki dengan perasan air jeruk nipis tambahkan dengan sedikit garam, biarkan selama 15 menit. Jeruk nipis mengandung astrigen yang mampu menghilangkan warna kusam pada kuku kaki akibat kerusakan kuku kaki yang dialami.


Minyak Zaitun


Merendam kaki dengan minyak zaitun akan membuat kuku kaki menjadi kuat, mengkilap serta terhindar dari bentuk yang buruk. Lakukan rendaman kaki menggunakan minyak zaitun seminggu sekali.


Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh mengandung flavonoid sebagai anti bakteri yang efektif, selain itu belimbing wuluh juga mengandung vitamin dan asam amino yang tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk membersihkan dan mencerahkan warna kuku yang kusam. Caranya yaitu aplikasikan belimbing wuluh dengan menggosokkan dagingnya pada kulit kuku kaki, biarkan selama 10 menit hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali agar hasilnya juga maksimal.


Sekian informasi tentang perawatan kuku kaki yang rusak. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, agar hasilnya juga maksimal. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi luangkan sedikit waktu di rumah untuk perawatan kuku kaki Anda serta hindari hal-hal yang akan menyebabkan terjadinya infeksi pada kuku kaki Anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar