Jumat, 14 November 2014

Cara Merawat Mata Secara Alami

Cara Merawat Mata Secara Alami
Cara Merawat Mata Secara Alami
Mata adalah salah satu dari lima indera yang sangat penting bagi manusia. Namun, seringkali terlupakan bahkan mengabaikan untuk merawat mata. Akibatnya beberapa masalah timbul seperti gangguan mata minus, sakit mata, mata lelah, dan lain-lain.


Seiring bertambahnya umur, berkurang juga akan kemampuan akomodasi mata. Perawatan mata sebetulnya cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya yang banyak, serta dapat dilakukan kapan saja dimanapun Anda berapa.Berikut ini adalah beberapa cara merawat mata secara alami.


Wortel


Sebaiknya Anda perbanyak untuk mengkonsumsi wortel, karena wortel banyak mengandung beta karoten yang mampu menjaga kesehatan mata, menjaga kemampuan akomodasi mata, dan mengurangi terjadinya resiko degenerasi pada manula.


Mentimun


Mentimun yaitu mempunyai khasiat untuk menghilangkan kantung mata dan keletihan pada mata Anda. Caranya cukup mudah, pakailah mentimun yang diiris untuk mengompres mata Anda. Lebih bagus lagi jika mentimun tersebut sudah di simpan dalam kulkas. Tutup kelopak mata dengan irisan mentimun selama 10 menit sebelum tidur saat malam hari.


Konsumsi Sayuran Hijau


Sebaiknya dengan perbanyak konsumsi sayuran hijau karena sayuran ini sangat kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata.


Buah Cerry Atau Berry


Konsumsi buah cerry atau berry yang bermanfaat mampu untuk menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi serta debu yang menyapa mata Anda.


Olahraga


Sebaiknya Anda melakukan olahraga secara teratur, tidak harus olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti melakukan gerakan-gerakan yang dapat mengeluarkan keringat. Penuhi akan konsumsi multivitamin seperti vitamin C, E, B6, dan B12.

Selain itu mengkonsumsi buah dan sayuran untuk asuapan vitamin untuk mata Anda. Anda juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk untuk merawat mata Anda. Kebiasaan-kebiasaan tersebut diantaranya.


Laptop atau komputer


Jangan terlalu lama menatap layar laptop atau komputer, setelah 20-30 menit beristirahatlah sejenak dan melihat pemandangan luar. Pasang filter monitor agar mata tidak silau dan jaga jarak antara mata dengan layar monitor.


Kacamata


Gunakan kacamata ketika beraktivitas di luar ruangan yang berguna untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet.


Obat Mata


Jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata. Gunakan sesuai dengan kebutuhan saja. Karena pemakaian obat mata yang berlebihan akan merusak fungsi mata Anda.


Membaca Buku


Usahakan cukupkan cahaya penerangan pada saat membaca buku agar kinerja otot mata tidak terlalu banyak dan tidak tegang. Baca buku dengan jarak 20-30 centimeter, jangan terlalu dekat karena akan mengganggu fungsi mata Anda.


Debu atau Kotoran


Jangan mengucek mata sembarangan pada saat mata terasa gatal karena debu atau kotoran. Caranya yaitu langsung bilas atau basuh dengan air mengalir. Kebiasaan mengucek mata apalagi dengan jari yang kotor akan mengakibatkan retina tergores sehingga dapat menimbulkan infeksi pada mata Anda.


Demikianlah tadi tentang cara merawat mata secara alami. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar