Rabu, 03 Desember 2014

7 Tips Perawatan Kaki

7 Tips Perawatan Kaki
7 Tips Perawatan Kaki
Perawatan kaki merupakan hal yang penting yang harus dilakukan untuk mencapai kesehatan yang optimal. Kaki memiliki fungsi yang penting dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berdiri, dan lain-lain. Kecantikan dan kesehatan kaki akan menunjang dalam penampilan Anda.


Perawatan kaki ini juga untuk menjaga kecantikan serta kesehatannya juga. Tubuh bagian bawah kaki memiliki fungsi untuk mendukung berat seluruh tubuh Anda serta merupakan bagian yang sering Anda gunakan. Berikut ini ada beberapa langkah-langkah dalam perawatan tersebut.


1. Periksa Dan Raba Kaki Secara Teratur


Dengan memeriksa kaki akan membantu Anda dalam mendeteksi jika terjadi perubahan atau kelainan pada kaki misalnya perbedaan warna kaki, tebal, suhu, dan terjadinya pecah-pecah pada kaki Anda. Jika terjadi perubahan yang ekstrim segera konsultasikan dengan dokter.


2. Mencuci Kaki Setiap Hari


Mencuci kaki setiap hari untuk memastikan kaki Anda selalu dalam keadaan bersih. Seperti mencuci bagian di sela-sela jari, dan jangan lupa untuk segera mengeringkan kaki Anda. Karena kaki yang basah akan membuat kaki mengalami pecah-pecah dan kutu air.


3. Memotong Kuku Secara Teratur


Jangan memotong kaki terlalu pendek karena akan mengakibatkan luka atau infeksi pada kaki Anda. Untuk Anda yang menggunakan cat kuku, sebaiknya gunakan selama seminggu. Gunakan cairan pembersih kuku untuk membersihkan kuku secara maksimal. Pemakaian cat kuku dalam jangka lama akan membuat kuku mudah rapuh atau patah dan menimbulkan masalah lain pada kaki Anda.


4. Memakai Alas Kaki Sesuai Ukuran Kaki


Memakai alas kaki seperti sepatu atau sandal yang ketat sehingga terlalu memaksakan kaki Anda untuk memakainya. Dengan begitu kaki pun akan terjadi luka seperti pada tumit. Sebaiknya pilihlah alas kaki yang sesuai ukuran kaki, dengan begitu kaki akan terasa nyaman dalam melakukan segala aktivitas.


5. Gunakan Alas Kaki Dalam Melakukan Aktivitas


Sebaik mungkin, hindari berjalan atau berlari dengan tidak menggunakan alas kaki, hal tersebut untuk menghindari terjadinya insiden pada kaki Anda.


6. Istirahatkan Kaki Sejenak


Setelah berdiri lama, berjalan atau berlari, istirahatkan kaki sejenak dengan cara mengangkat kaki ke dinding. Cara ini akan memperlancar peredaran darah dan mencegah pembekuan darah setelah berdiri lama.


7. Jangan Mengabaikan Rasa Sakit Pada Kaki


Jangan mengabaikan rasa sakit pada kaki atau pergelangan kaki Anda. Rasa sakit biasanya timbul akibat adanya peradangan atau sebab lain yang tersembunyi. Segera konsultasikan dengan dokter apabila terjadi rasa sakit pada kaki Anda.



Nah itulah tadi 7 tips perawatan kaki. Semoga informasi tersebut dapat berguna untuk Anda. Menjaga kebersihan kaki juga akan terciptanya kecantikan pada kaki Anda. Perawatan dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon. Yang pastinya akan menghematkan uang, serta lebih bersih dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar